Minggu, 12 Desember 2010

Home made pizza


Nih dia pizza yang pengennya niruin pizza hut...(he..he..he...berlebihan), resep adonan dasar liat di KBB (klubberanibaking.com).

Pizza:
1 sachet Fermipan 
1 sdt gula pasir
350 gr tepung protein tinggi (tepung cakra kembar)
garam 1/4 sdt
2 sdm minyak goreng

Cara mengolahnya:
-Larutkan ragi dan gula di mangkuk kecil dengan 200ml air hangat. Aduk rata dan sisihkan selama 10 menit, atau hingga campuran raginya berbuih.Campur tepung dan sejumput garam di mangkuk besar.
- Buatlah lubang di tengah2 campuran tepung dan masukkan ragi dan minyak goreng. Campur hingga menjadi adonan.
-Taburi meja kerja dengan sedikit tepung, lalu uleni adonan selama 5-7 menit, atau hingga lembut dan elastic (ciri-cirinya di tangan dan di meja kerja ga lengket lagi dan adonan kelihatan mengkilat).
-Tempatkan adonan di dalam mangkuk yang sudah diolesi dengan minyak, tutup dengan serbet lembab atau plastik dan biarkan di tempat yang hangat selama 1 - 1 ½ jam, atau hingga adonannya membengkak berlipat ganda.
-Panaskan oven .
-Tinju adonan untuk mengeluarkan gelembung udara. Bagi adonan menjadi 2-3 bagian yang sama dan gilas atau tekan-tekan seukuran 4-5mm (¼ inci). Pindahkan ke loyang pizza (kalau ada). (Alternatif lain menggunakan loyang biskuit dan adonannya dibentuk bulatan lalu gilas).
-Tutup dengan pilihan topping kesukaan masing-masing dan panggang selama 15 menit. Lalu pindahkan pizza ke atas rak oven dan panggang lagi selama 3-4 menit, hingga lebih garing di bagian bawahnya.
Topping :
-200 gr daging cincang
-2 buah tomat merah, sayat atasnya (bentuk +), masukkan dalam air mendidih (bolak balik)  sampai bekas sayatannya nglupas. Kupas kulitnya, buang bijinya. Haluskan daging tomatnya.
-1 buah bw. bombay ukuran sedang, cincang
-2 siung bw.putih, cincang
-merica, garam, gula secukupnya

Cara :
-Tumis bw.bombay & bw.putih sampai layu, masukkan daging cincang, aduk sampai berubah warna.
-Masukkan tomat yang sudah dihaluskan, merica, garam, gula, aduk sampai matang.

Pelengkap :
-bawang bombay
-paprika / cabe merah besar
-sosis (klo ada)
-keju mozarella / quick melt (kraft) > iris tipis untuk finishing.



1 komentar: